Jumat, 01 Juli 2016

JOMBLO LEBIH BERSINAR DI HARI LEBARAN

Bulan Ramadhan sudah hampir berakhir. Tak lama lagi kita (umat islam) akan menyambut datangnya hari lebaran. Euforia menyambut hari lebaran juga sudah mulai terasa. Saya –sebagai pengamat amatir dunia muda/i- merasakan betul hawa-hawa lebaran yang sudah mulai berterbangan dan berkeliaran di dunia maya dan dunia nyata. Di media sosial sudah mulai rame timeline berbentuk status, foto, video, yang bertemakan lebaran. Misalkan; pulang kampung halaman, beli baju lebaran, beli kue lebaran, merapikan rumah dan pekarangan, dapat THR, dan sebagainya.

Bagi sebagian kalian -anak muda/i-, mungkin lebaran kali ini terasa lebih spesial. Karena lebaran kali ini kalian udah punya pacar atau mungkin lebaran bersama pacar. Nah, yang apes adalah para jomblo. Mungkin udah puluhan kali lebaran gak ada yang mendampingi, sabar-sabar,, gue bersama kalian gaes.

Tapi gak selamanya juga jomblo harus ngenes saat lebaran. Bagi saya, lebaran para jomblo bisa lebih bersinar, berkesan, dan lebih terasa ibadahnya dibanding lebaran saat punya pacar atau bersama pacar.



Mengapa?

1.     Lebih khusyuk saat menjalin silaturahmi bersama keluarga

Jomblo dan mereka –yang punya pacar- sebenarnya sama saja sih, gak ada bedanya. Sama-sama bersilaturahmi antar sesama keluarga saat lebaran. Akan tetapi, kalau kita telisik lebih dalam lagi, biasanya mereka –yang punya pacar- kurang menunjukkan kehangatan bila bersilaturahmi dengan keluarga. Apalagi saat sekarang, HP udah pada canggih semua, kerjaannya chat melulu sama pacar, akibatnya orang yang disekitarnya dilupakan, bahasa anak mudanya dikacangin, entar dipecelin.

Nah, bagi kamu yang jomblo termasuk saya, cielah, kalian bisa menonaktifkan HP (smartphone), minimal media sosialnya deh, terutama untuk satu hari lebaran. Agar kalian –para jomblo- bisa fokus bersilaturahmi bersama keluarga. Yang kayak begini gak bakal dilakukan oleh mereka yang udah punya pacar. Bisa-bisa si doi ngambek karena gak kasi kabar seharian. Oh menderitanya mereka yang pacaran.

2.     Lebih plong saat bersilaturahmi bersama teman

Setelah hari pertama sukses bersilaturahmi bersama keluarga, biasanya hari kedua diisi dengan bersilaturahmi  ke tempat teman. Terserah kalian deh, teman TK, SD, SMP, SMA, atau teman kuliah, asal bukan sama teman tapi mesra aja, heheh. Untuk mereka –yang punya pacar-, biasanya hari kedua ini udah bawa gebetannya keliling kampung untuk berlebaran. Itu mau lebaran apa mau karnaval?

Sebenarnya gak masalah juga sih. Tapi, buat kalian yang jomblo, kalian punya kesempatan bersilaturahmi bersama teman tanpa bawa pacar, karena kalian emang gak punya pacar. Ketika kalian –para jomblo- gak punya pacar saat bersilaturahmi ke tempat teman, maka kalian bisa merasakan suasana yang beda ketimbang saat kalian punya pacar. Kalian bisa lebih plong untuk membicarkan hal apa saja dengan teman kalian. Tapi jika ada pacar, kalian akan merasa terganggu karena banyaknya pesan dari si doi yang masuk ke HP kalian. Apalagi kalau pacar sampai ikut kalian lebaran ke tempat teman, kalian akan terus jaga image, jangan sampai keselek kacang polong dan ngeluarin cincau dari hidung, apalagi ngomongin selingkuhan ama mantan.

3.     Punya kesempatan ketemu jodoh

Saat kalian berlebaran, entah itu bersama keluarga, saudara, atau teman, mereka biasanya akan mengajak kalian bersilaturahmi ke tempat-tempat yang kalian belum pernah kunjungi sebelumnya. Pada saat bersilaturahmi itulah, kalian berkesempatan untuk mengenal orang baru.

Pas ngemut kue nastar, eh nongol pula anak si empunya rumah, mana cakep lagi. Akhirnya kalian dikenalin. Eh taunya jatuh cinta pada pandangan pertama. Nah, kalau kalian jomblo, kalian berkesampatan untuk meneruskannya hingga jenjang yang lebih serius, tapi kalau kalian udah punya pacar, maka kalian hanya bisa gigit tusuk garpu.

4.     Hemat waktu, tenaga dan uang

Secara tulisan, lebaran gak jauh beda sama liburan. Hanya beda dua huruf saja. Ternyata, secara makna dan peristiwa juga gak jauh beda ni gaes. Saat lebaran, kalian juga biasanya jalan-jalan ke tempat wisata seperti saat liburan kan?. Tempat wisata yang dituju juga bermacam-macam, seperti; pantai, gunung, air terjun, kebun binatang, dan sebagainya. Bagi yang punya pacar, tentu saja modalnya harus kuat. Selain modal iman, juga perlu modal uang, tenaga dan waktu. Misalkan; biaya masuk pantai saja udah 25.000 x 2 = 50.000, beli sosis 3000 (perbiji) x 5 = 15.000, beli es kelapa 10.000 x 2 = 20.000, beli jagung bakar 6000 x 2 = 12.000, total = 97.000. Ini untuk satu hari dan satu tempat. Nah, kalau pacar mintanya tiga hari di tempat yang berbeda gimana?, bisa-bisa mereka berdua yang jualan sosis di pantai buat nambah modal.

Oke, bagi kalian yang jomblo. Kalian bisa gunakan hari luang tersebut untuk berlibur bersama keluarga, saudara atau teman. Selain modalnya gak terlalu gede, kalian juga bisa lebih mempererat tali silaturahmi bersama keluarga, saudara dan teman kalian. Karena mereka jelas-jelas orang yang gak pernah khianatin kalian. Kalau pacar mah udah sering. Hehehhe. Curhat....

***

Itulah sekilas pandangan saya yang bisa saya bagi ke kalian –para jomblo- untuk menjalani lebaran tahun ini. Gak punya pacar bukan berarti gak asik saat lebaran. Justru dengan kesendirian kalian lah, kalian bisa lebih fokus lagi berbagi dengan orang yang lebih layak kalian cintai, seperti keluarga, saudara dan teman. Sementara pacar?, emmmm......belum tentu juga jadi jodoh atau keluarga kalian.....bener gak?

Di hari yang fitri nanti, semoga yang pacaran kembali fitrah (jomblo), heheheh peace..
Share:

0 komentar:

Posting Komentar