Rabu, 20 Juli 2016

BARU JADIAN, MENGGELIKAN...

Ada banyak hal yang bisa buat gue tertawa sambil mengernyitkan dahi. Salah satunya adalah; saat melihat tingkah seseorang yang punya pacar baru (baru jadian). Bahkan dulu, ketika gue baru dapat pacar (baru jadian), -dulu ya dulu-, gue juga sering nertawain diri gue sendiri. Gara-gara itulah si doi mutusin gue, dia mengira kalau gue udah gak waras. Hufttttt........

Ada banyak hal yang gak masuk akal atau pengorbanan yang terlalu lebay ketika baru jadian dan pacaran. Padahal, kepastian untuk membangun mahligai rumah tangga untuk saat itu masih jauh dari kata “Pasti”. 



Selain itu, aktivitas pacaran juga dapat mengubah kebiasaan seseorang. Yang dulunya gak pernah keluar malam, eh... pas waktu pacaran jadi sering keluar malam, jalan ama pacar. Yang dulunya rajin baca buku, eh... pas pacaran malah jual buku, buat nambah ongkos ngedate sama si doi. Yang dulu mahasiswa, eh... pas pacaran malah jadi tukang ojek, karena sering antar jemput pacar. Ini kok jadi pengalaman gue semua?,,,

***

Oke, lupakan, kalimat opening gue diatas. Baru-baru ini gue juga mendapat kabar, kalau teman seasrama gue sedang mesra-mesranya sama seseorang. Maklumlah, dia baru aja jadian sama seseorang. Udah cukup lama menjomblo, akhirnya ia dapat pacar juga. Gue gak dukung dia untuk pacaran, tapi gue anjurin ia untuk langsung nikah aja. Tapi... ya gitulah, selalu ada alasan di balik gorengan bakwan.

***

Pas baru datang dari kampung setelah liburan panjang kemaren, gue ngeliat ada sepasang tumbuhan berukuran mini di dalam kamar -di asrama gue-. Karena gue bukan anak biologi dan juga bukan anak pertanian, maka gue gak tau itu tumbuhan apa, yang pasti bukan bunga bangkai, juga bukan Bulbasaur (pokemon yang di punggungnya ada tunas tumbuhan).

BULBASAUR (POKEMON TUMBUHAN)


Gak lama setelah itu, Kin (temen gue) masuk kamar. 

“Ni punya siapa Kin?”, tanya gue.

“Oo..ini punya Kentus”.

“Untuk apa dia melihara tumbuhan kayak gini Kin?”.

“Ndak taulah”.

Tak lama kemudian Kentus (teman gue) datang.

 “Ini punya kau Ntus?”, tanya gue sambil memutar-mutar potnya dan memperhatikan tumbuhan tersebut.

“Iya Zid”, jawab Kentus sambil merampas tumbuhan itu dari tangan gue dan meletakkannya kembali ke atas meja. Emang gue hama wereng apa.....

“Ini tumbuhan apa Ntus?”

“Hehehe,,,aku pun kurang tau juga. Aku beli-beli jak ni, katanya sih ini tanaman sekulen mini hias”, jawab Kentus.

TANAMAN SEKULEN MINI HIAS


“Tumben kau beli kayak beginian?. Beli air galon jak kadang-kadang kau malas”, hina gue

“Hehehe.....”, Kentus nyengir.

Gue gak percaya kalau tumbuhan ini ia beli tanpa alasan. Pasti ada alasannya. Akhirnya kentus mau terbuka juga sama gue.

“Ini untuk seseorang Zid”, jelasnya.

“Siapa Tus?”, tanya gue

“Adalah.........somenone”.

Gue udah mulai curiga. Kalau udah pakai someone pasti arahnya bukan untuk keluarga atau teman. 

“Oooo.....kau dah punya pacar ya sekarang?”.

“....Hehehe”, Kentus garuk-garuk kepala, ketombenya berjatuhan......kutu-kutu di kepalanya meloncat kegirangan

“Kapan kau jadian Tus?”

“Emmmmmmm.....kenalnya sih udah lumayan lama. Tapi jadinya pas sebelum bulan puasa kemaren”.

“Kok kau ngasi tumbuhan ke dia?. Emang dia herbivora (pemakan tumbuhan)?”

“Ndak lah Zid, kau kira cewek aku kambing. Aku mau cari yang ndak biasa jak. Kalau orang biasanya kan ngasi boneka, jam tangan, baju, cincin. Aaaa,,,kalau aku kasi tumbuhan”, jelasnya. “Aku ngasi tumbuhan ni supaya dia bisa merawatnya Zid, dari situ timbullah tanggung jawab. Dari situ juga hubungan kita akan lebih berkesan dengan adanya tumbuhan kecil ini”. tambahnya.

“Oh, jadi satu ini untuk dia,,,satunya lagi kau yang rawat. Gitu kah?”

“Ndak Zid. Dua ni sisanya. Yang untuk dia udah kukasi dah. Kau mau liat kah?”, Kentus membuka foto di smartphonenya dan menunjukkan salah satu foto tumbuhan yang kurang lebih mirip dengan tumbuhan yang ada di kamar. Bedanya, tumbuhan yang ada di foto itu potnya lebih cantik dan dikasi hiasan batu-batu kecil di bawah tumbuhannya.

“Kalau tumbuhan itu mati gimana Ntus?, berarti hubungan kalian selesai lah?”, gue mengejek Kentus, siapa tau dia sadar.

“Ndak lah zid........Kau ni, baru ga aku jadian dah kau doakan selesai”.

***

Selain pelihara tumbuhan, Kentus juga sekarang jadi pengrajin gelang. Akhir-akhir ini gue sering ngeliat kentus ngelilit, menggigit, bahkan memakan tali paracord (tali multifungsi yang sangat kuat dan elastis). 

GELANG DARI TALI PARACORD


“Ngapain kau Ntus?” tanya gue

“Buat gelang”, jawab Kentus.

“Untuk cewek kau ya Ntus?”.

“Yoi lah Zid. Ngasi ke cewek tu gak harus yang mahal Zid. Sederhana kayak gini gak apa, yang penting kesannya itu Zid. Kalau gini kan lebih berkesan, buatan sendiri. Lagipula buat kayak gini ni perlu perjuangan Zid, gak mudah”, jelas Kentus... Gak lama kemudian tali itu malah membelit tangannya sendiri, “Lah gimana ni Zid, gimana ni?, tolong Zid, bantu lepaskan talinya!”, Kentus panik.

“Bodo amat”.

***

Selama punya pacar, Kentus jadi semakin bijak. Lebih tepatnya; sering ngasi filosofi cinta gak jelas ke gue.

Pas gue lagi sarapan mie di kamar, tiba-tiba Kentus datang, “Cinta itu tiga M, Zid”, ucap Kentus sambil memperlihatkan kelima jari tangannya.

“Itu lima Ntus”, Sanggah gue sambil nunjukkin kelima jarinya pake ujung dagu.

“Oh, ya salah...”

“Jadi apa jak tiga M tu?”, tanya gue.

“Memahami, Memberi, dan Menerima”.

“,,,Ntus, Cinta dalam pacaran itu tiga B”, gue mulai serius, menghentikan sarapan dan mengepalkan sendok di tangan kanan seperti orang yang mau berorasi.

“Apa tu Zid?”, tanya Kentus

“Bohong,,,Buruk,,,Berdosa”, tegas gue.

Kentus langsung kejang-kejang seperti orang yang  lagi diruqyah.

***

Selain itu, Kentus juga sering ngasi tips ke gue; “cara sukses nembak cewek”. Kentus pikir gue jomblo karena gak bisa nembak cewek. Dia kira gue jomblo karena gak ada yang mau sama gue. Heh,,,padahal gue hanya belum bisa move on dari mantan.(.....Baper lagi....Kat...Kat....fokus-fokus,,,)

Pernah suatu malam, waktu gue udah mau tidur dan udah berselimut hello kitty, Kentus nggerakin badan gue, “Zid,,,Zid.....”

“Apa Ntus?”

“Kau mau tau ndak cara sukses nembak Cewek?”, tanya Kentus.
 
“Ndak Ntus. Kalau cara sukses balikan sama mantan aku mau”.

“Yeelah,,,,Move on Zid, Move on!”

“Heheheh......Haaa, gimana caranya kita sukses balikan ama mantan, eh sukses nembak cewek tadi?”. Gue bertanya bukan karena perlu informasi itu, melainkan hanya untuk menyenangkan hati Kentus saja.

“Sering-sering aja ngasi perhatian ke dia Zid. Waktu dia buat status di media sosial, kau komen. Waktu dia ada masalah, kau kasi solusi. Waktu dia perlu sesuatu, kau bantu dia. Cewek itu melihat pengorbanan kita Zid. Lama-lama dia akan berkata, “eh cowok ini baik banget ya, always there for me”. Gitu Zid”.

“Oh,,,,gitu. Mudah sekali ya Ntus. Pantas banyak yang selingkuh”.

“Kok banyak yang selingkuh Zid?”, tanya Kentus.

“Iyalah,,,jadian hanya karena seseorang sering ngasi perhatian. Kalau ada cowok lain yang ngasi perhatian lebih daripada cowoknya yang sekarang, bisa-bisa jadian lagi tu cewek sama cowoknya yang ngasi perhatian lebih itu”.

Kentus garuk-garuk kepala. “Ya juga ya Zid”.

***

Selama udah punya gebetan baru, Kentus jadi sering telponan sama gebetan barunya itu. Kalau pas telponan gitu, Kentus sering terlihat gak bisa diam. Kadang duduk, kadang berdiri, kadang baring, kadang juga merayap-rayap di lantai. Tangannya juga jail kalau udah telponan, habis berkas skripsi gue disobek-sobek sama si Kentus. Selain itu, percakapannya itu lebay beud.......

Kentus               : Mau tidur kah?

Cewek Kentus  : Iya bang (suaranya samar-samar namun masih terdengar karena di loudspeaker)

Kentus               : Ya udah, tidur lah!

Cewek Kentus  : Kiss bye dulu lah bang!

Kentus               : O, yaa. Ummmuaahh (Kentus mengecup smartphonenya, air liurnya tumpah-tumpah, saking nafsunya)

Cewek Kentus  : Makasih bang, tidur dulu ya.

Kentus               : Eh, kok gak dibalas kiss-nya?

Cewek Kentus  : O ya lupa. Ummmuaah (bunyi Ummmuaah-nya ngebass, gue curiga, jangan-jangan ceweknya banci yang sering mangkal di pelabuhan)

Kentus               : Makasih,,matikanlah!

Cewek Kentus  : Emmm,,,tapi masih kangen bang.

Kentus               : Kalau gitu nantilah tidurnya....abang juga masih kangen...

Sampai subuh  pasangan labil itu begitu terus, mau tidur gak jadi, mau tidur gak jadi, mau tidur gak jadi. Ternyata pacaran khasiatnya sama kayak kafein dan nikotin, buat susah tidur.

***

“Zid, jodoh yang baik itu bisa bikin kita..........”, Kentus berhenti sejenak memikirkan lanjutannya.

“.......buat kita dekat dengan Allah”, lanjut gue.

“A.....itu yang mau aku bilang Zid”.

“Emang sekarang, pas kau pacaran ama cewek kau, kau makin dekat dengan Allah?”, tanya gue.

“..........”, Kentus gak bisa jawab.

“Berarti dia bukan jodoh yang baik buat kau”....

Kentus ngelemparin smartphonenya ke gue....

***

Bersambung.....

Kita tunggu kisah pacaran Kentus selanjutnya....palingan, bentar lagi putus....huahahahah.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar