Minggu, 10 April 2016

ORANG YANG PINTAR JUGA PUNYA CINTA (CERPEN MANTAN #2)

Sebelumnya gue udah nulis cerita mantan gue yang paling cakep. Walaupun gak lama, yang penting dia udah jadi mantan gue. Untuk lanjutin proyek sederhana ini, gue mesti mikir dulu, mantan mana yang mau gue ceritain lagi, karena saking gak ada lagi, hehehe. Pas gue muter lagu-lagu lama, gue pun teringat sama mantan yang sangat spesial. Namanya Dini, gue singkat namanya biar dia gak merasa. Dini adalah cewek yang berprestasi di sekolah waktu gue di pesantren. Dia selalu juara kelas, dan banyak mendapat penghargaan berprestasi. Salah satu hobinya adalah baca komik Conan sambil kayang, hehehe. Gue juga sering liat, rata-rata anak eksak emang suka sama cerita Conan. Nah kalau kayak gue gini juga suka baca waktu aliyah dulu, baca sms dari pacar temen diam-diam, menyedihkan.

Dini adek kelas gue, gue Aliyah kelas 1, dia Tsanawiyah kelas 3. Nasib gue emang gak lagi hoki, karena saat jadian sama Dini, dia udah berada di masa-masa akhir kelulusan. Gue masih ingat, kita jadian lewat smsan, so sweet gak?. PDKT dengan Dini waktu itu agak lama, karena syarat buat jadi pacarnya gue mesti hafal 100 rumus Matematika, hahaha becanda. Mungkin karena dia belum pernah pacaran, makanya pendekatan sama Dini agak lama.

Awal kedekatan gue dengan Dini dimulai pas waktu ada acara lomba, dan saat itu gue satu kelompok sama Dini. Awalnya gue agak cuek sama Dini. Alasannya sama, gue gak selevel sama Dini, sebagaimana gue gak selevel sama Ovi. Dini pintar, nah gue bego, Dini cakep gue hancur, Dini berprestasi dan sekolah bangga, gue malah sering memberi citra buruk ke sekolah dan sekolah lumayan benci sama gue. Setelah hampir seminggu tinggal sama Dini karena lagi ikut lomba bareng dia, gue mulai ada rasa, manis, asam, asin. Gue emang orangnya dingin kalau hidup di dunia nyata, jadi gak bakal nyapa kalau gak kenal, jangankan gak kenal, yang kenal aja kadang gue cuekkin, biar mereka tau rasa. Waktu itu Dini yang mulai nyapa gue duluan. Dia nanya sesuatu ke gue masalah lomba, dan gue jawab ngasal-ngasal biar kayak tau banget gitu. Selain itu, dia juga nanya ke gue masalah nilai ujian rata-rata gue waktu SMP dulu, karena dia mau nyaingin nilai rata-rata ujian gue yang rendah itu pas waktu ujian nasional nanti.

Dini juga cakep, face nya chinesse. Waktu lomba gue sempat dapet fotonya gak pake jilbab. Gue dapat foto itu dari Fiz, rekan lomba gue. Fiz seangakatan juga dengan Dini dan kawan akrabnya di sekolah. Fiz emang agak jahil orangnya, ntah gimana caranya foto Dini gak pake jilbab dapat dia bluetooth ke HP gue.

“Gila......kayak artis Jepang”, kata Fiz nepuk pundak gue sambil liat fotonya Dini yang udah terkirim di HP gue.

“Hahahaha, pikiran kita ternyata sama Fiz”.

Seperti nyimpan bangkai, lama-lama akan keciuman juga, akhirnya tingkah kami yang sering ketawa kalau Dini lewat buat dia jadi curiga. Lama kelamaan Dini tau kalau gue nyimpan fotonya gak pake jilbab di HP. Seketika itu juga HP gue dirampas dan langsung ketauan bahwa fotonya gue simpan di folder. Padahal folder itu tersembunyi banget, tapi Dini bisa tau. Mungkin dia udah banyak belajar banyak dari film dan komik Conan tentang memecahkan sebuah kasus. Akhirnya foto itu gak bisa gue abadiin dalam album pribadi gue karena udah keburu dihapus Dini, hahaha.

Setelah lomba selesai, gue dan Dini pisah. Pas malam perpisahan dari lomba, gue, Fiz dan beberapa rombongan lain pulang duluan di tengah malam sekitar jam 12an. Nah Dini dan beberapa rombongan cewek lainnya masih di penginapan. Setelah barang-barang selesai dikemas dan dimasukkan ke dalam bak mobil pick up, gue, Fiz dan beberapa rombongan tancap gas pulang ke pesantren. Waktu itu, gue, Fiz dan beberapa rombongan duduk di bak pick up, sambil melihat langit yang terang dengan hamparan bintang bertaburan. Untuk menambah suasana agar lebih berkesan, gue nancapin headset di HP dan muterin beberapa lagu sambil mata gue melihat jejeran pepepohonan tepi jalan. Tiba-tiba, di tengah perjalanan, HP gue getar hampir loncat mau bunuh diri dari bak mobil. Setelah gue liat, ternyata ada Sms.

“Bang, kawan-kawan ada merasa ketinggalan baju gak?”, tulisan sms di HP gue dengan nomor baru.

“Ini siapa ya?”, tanya gue.

“Ini Dini bang”, jawabnya.

Gue sempat gak percaya sama kayak gue gak percaya ketika Ovi minta pertemanan di facebook. Sebelum nanya ke kawan-kawan, gue mikir bentar, ada gak baju gue yang tinggal di penginapan. Karena gue bingung, gue tanya lagi ke Dini terkait detail baju yang tinggal.

“Bajunya kayak gimana Din?”, tanya gue.

“Warnanya biru pokoknya”. Jawab Dini.

Gue sempat mikir lagi, jangan-jangan itu baju gue. Karena gue malas banget ngaku itu baju gue, gue lanjut balas sms Dini dengan gak ngaku.

“Oh itu bukan baju abang Din, dan kawan-kawan juga gak ada yang merasa ketinggalan baju”, jawab gue, padahal gue gak bakal nanyak ke kawan-kawan yang ada di mobil, karena gue tau itu baju gue bukan baju mereka.

“Oke lah bang”, jawab Dini menutup obrolan di sms waktu itu.

“Oke juga”, balas gue.

Gue masih belum tau, dia dapat nomor gue darimana, mungkin dari Fiz terka gue. Dengan segera nomor Dini gue save, biar ntar bisa sms dia lagi. Tiba-tiba suasana malam itu semakin cerah dengan taburan bintang dan sinar rembulan. Mereka seolah berbahagia melihat gue barusan sms sama cewek. Mereka tau kalau hidup gue selama ini runyam karena udah lama dengan kesendirian.

-------------***----------------

Keesokan paginya gue udah mulai masuk sekolah seperti biasa. Sebelumnya, gue gak pernah kepo dan mandangin cewek-cewek di sekolah. Ntah kenapa, saat itu gue jadi merhatiin cewek-cewek yang keluar dari kelas untuk istirahat. Pada saat jam istirahat, gue malas pergi ke kantin, karena banyak tagihan hutang. Akhirnya gue berdiri bertopang tangan di pagar depan kelas, sambil melihat anak-anak Tsanawiyah yang juga sedang bertaburan keluar dari ruang kelas.

Mata gue liar mencari sosok Dini. Gue baru tau ternyata cinta itu buat kita sering pengen liat orang yang kita suka, padahal sebelum suka, kita gak pernah liat dia, tapi pas kita ada rasa suka, ntah kenapa, sering aja ketemu sambil curi-curi pandang. Radar gue ternyata lumayan kuat dan melihat Dini sedang keluar istirahat bersama teman-temannya. Gue masih ingat, waktu itu sepatunya putih, kaos kakinya agak panjang. Gue tau sampe detail gitu karena waktu itu roknya agak terangkat saat melangkah ke sebuah tangga, “astaghfirullah”, gue sempat ngucap tapi pandangan tetap serius ke Dini, hahaha.

Gue jadi sering liat Dini di sekolah, gue sering mata-matai dia, bahkan gue sering ngikutin pelajaran di kelasnya, lumayan buat nambah nilai raport, hahaha. Gue heran, kenapa Dini yang cakep dan pintar trus berprestasi gak punya pacar. Gue tau Dini gak punya pacar dari cerita Fiz. Fiz bilang kalau kawan-kawan gak ada yang nembak Dini karena dia pintar, jadi mereka segan buat ngungkapin perasaanya ke Dini. Trus Dini juga agak jaga jarak kalau sama cowok, makanya cowok gak banyak yang dekat sama Dini.

Gue baru tau, ternyata sakit juga jadi orang pintar dan berprestasi. Orang-orang jadi segan mau dekat sama mereka yang pintar. Dan akhirnya jomblo. Gue sebenarnya udah mencoba resep gak pintar alias udah bego, tapi tetap saja jomblo. Mungkin selain pintar, tampang juga berpengaruh terhadap label jomblo. Hahaha. Gue capek nguntit Dini, akhirnya gue beraniin sms dia duluan.

“Hai”, sms gue sambil kasi emotikon sedang menyapa.

Sms gue lama dibalas Dini, bahkan sampai 1 bulan, udah kayak nunggu pemberitahuan lamaran kerja, ditolak atau diterima.

“Hai bang, cbz HP nya gak diaktifin karena fokus belajar”, jawab Dini. (CBZ(bahasa alay) = sori telat balas).

Dini emang rajin belajar, apalagi udah mendekati ujian. Karena jomblo dan bertekad mempertahankan prestasi, HP Dini gak diaktifin. Dia sampe ditantang ketua pondok pesantren, kalau nilai ujiannya terbaik nomor satu tingkat kota, maka dia bakal diUmrohin sama ketua pondok pesantren.

“Gak apa-apa Din”, jawab gue tegar, padahal udah hampir putus asa sms gak dibalas sampe 1 bulan.

“Abang ganggu gak ni Din?”, tambah gue, karena sms gue dicuekkin sama Dini.

“Gak bang”, jawab Dini.

“Gak belajar?”, tanya gue berharap dia emang gak lagi belajar.

“Gak lah bang, istirahat dulu, lagian ini kan hari Jum’at, libur”, balas Dini.

“Gimana sih Din rasanya jadi orang pintar?”, tanya gue, padahal modus biar lebih dekat lagi.

“Gak gimana-gimana bang, biasa aja, lagian siapa juga yang pintar?”, Dini jawab dengan humble.

“Hehehe, tipsnya supaya pintar gimana Din?”, pertanyaan modus gue yang kedua.

“Ya belajar dong bang”.

“Abang udah belajar Din, tapi tetap aja gak pintar-pintar”, sanggah gue.

“Ya mesti rajin lah bang, abang mungkin belajarnya satu tahun sekali”, ledek Dini.

“Bukan satu tahun sekali Din, tapi seumur hidup sekali, itu dilakuin pas SD dulu”. kesal gue.

“Hahahaha”, Dini ngetawain gue.

Akhirnya gue bisa juga menghibur dia. Buat para jomblo, ketika cewek udah terhibur dengan kalian, maka itu tanda kalau kita sudah hampir mendekati jenjang JADIAN.

“Udah dulu ya bang, Dini mau belajar dulu”, balas Dini. Padahal tadi dia bilang hari ini libur, tapi  motivasi belajarnya malah muncul waktu gue sms, emang gue cocok dengan Dini, hehehe.

-------------***------------------

Awalnya Dini memang masih dingin dengan gue, cuek, dan fokus pada pelajaran. Tapi lama kelamaan, dia akhirnya mulai hangat dan bersahabat. Mungkin karena stres dengan Ujian Nasional sehingga dia harus refresh otaknya dan sms gue.

“Lagi apa bang?”, sms  Dini duluan.

“Tumben sms duluan?”, balas gue.

“Emang gak boleh?”, tanya Dini.

“Hahaha, boleh dong, sebenarnya abang juga ngarep Dini sms duluan”, gue malah jual murah.

“Dini pusing bang belajar terus”, keluh Dini.

“Santai Din, kalau capek, sms aja bang!, maka belajar akan terlupakan, akhirnya gagal di UAN”, balas gue sambil becanda.

“Ih apa sih bang, gak sampe gitu juga kali”.

Dini selalu terhibur pas gue sms. Sms gue ke Dini juga sering gue sesuaikan. Dini selain pintar, orangnya juga masih kekanak-kanakan, jadi sms gue ke Dini sering bertemakan kartun-kartun seperti Upin&Ipin. Gue Upin dia Memei, karena wajahnya emang Chinese banget. Karena temanya Upin & Ipin, sms gue ke Dini juga bahasanya sering menggunakan bahasa di film Upin & Ipin, seperti ini, “mama,,mama”, eh salah itu Shincan.

-----------***------------------

Setelah Dini dekat dengan gue, kami jadi sering smsan. Tapi tetap, ketika di sekolah kita kayak orang gak kenal. Gue sebenarnya takut, kalau sms gue ke Dini membuat semangat belajarnya down dan akhirnya gagal dengan tantangan yang diberikan ketua pondok pesantren. Tapi gimana lagi, dia yang malah sering sms gue, kalau gak salah sih?.

Walaupun Sms gue ke Dini udah sering, tetap aja gue gak dapat sinyal kalau Dini memberi kode ke gue untuk dijadiin pacar. Sms gue ke Dini lebih sering tentang pelajaran dan tokoh Conan. Gue bela-belain cari tau tentang Conan biar gue bisa nyeimbangin setiap pembicaraannya tentang Conan, padahal  kan gue suka Upin & Ipin.

“Upin & Ipin gak keren bang. Ceritanya untuk anak-anak 6 tahun ke bawah”, kata Dini.

“Lah daripada Conan Din, ceritanya buat abang pusing”.

“Yang penting Shinichinya keren bang, ganteng lagi, Dini pengen jadi pacar dia”, jawab Dini.

“Yaudah nikah sana sama Shinichi, peluk TV nya,,cium komiknya”, ledek gue.

“Oke”, jawab Dini.

Dini cinta banget sama Shinichi, saking cintanya dia sampe pengen nikah sama Shinichi. Padahal kan Shinichi tokoh khayalan dan tidak ada di dunia nyata. Di sesi ini kadang gue mikir, mungkin karena saking pintarnya, imajinasi nya Dini juga berlebihan. Bahkan pas tau kalau Dini cinta sama Shinchi, gue sempat mundur, gue takut nanti dia malah selingkuh sama Shinichi, dan gue gak bisa mengungkap misteri perselingkuhannya, karena yang selingkuh adalah Shinchi dan Dini.

-------------***---------------

Karena dalam hal perasaan, gue lebih lihai dari Shinichi, akhirnya Dini lebih milih gue daripada Shinichi. Itupun karena gue suruh dia terapi jiwa dulu, ada urat saraf yang konslet gak?, heheheh. Karena sering sms, Dini jadi semakin dekat dengan gue. Dia sering curhat, terutama masalah cinta Shinchi yang bertepuk sebelah tangan sama dia, kampreet...Lama kelamaan, gue juga beraniin diri menanyakan masalah yang lebih pribadi lagi yaitu cinta dan perasaan.

“Dini gak punya pacar kah?”, tanya gue.

“Ada bang”. Bales Dini.

Apaaaa?,,,jadi selama ini?,,,gue sempat putus asa.

“Siapa?”, tanya gue.

“Shinichi”.

Aaaaaagggghhhhhhhh..............gue kesal sekaligus lega. Mending dia jatuh cinta sama Shinichi daripada manusia beneran, pikir gue.

“Emmmm,,gak pengen punya pacar?”, tanya gue berani.

“Pengen bang, tapi yang  kayak Shinichi”, jawab Dini.

“Oh, abang kan mirip shinchi Din”, canda gue.

“Abang gak mirip shinichi, tapi mirip Pikachu”, bales Dini.

“Bukan pikachu Din, tapi Pikolo”, bales gue kesal.

“Hahahaha, lebih mirip Jarjit bang”, ledek Dini lagi.

Akhirnya kesempatan gue nanya ke Dini gagal. Dini selalu ngaitkan bahan sms ke dunia anime dan kartun. Tapi gue gak nyerah, karena gue merasa ada yang beda dari Dini dibandingin cewek lain.

-------------------***-----------------

“Din, lagi apa?”, sms gue.

“Lagi belajar bang”, jawab Dini.

“Ganggu gak?”

“Ganggu bang”, bales Dini.

Haaahhhhh, gue menghela nafas. Semakin mendekati Ujian Nasional, Dini semakin rajin belajar dan jarang sms. Gue merasa kehilangan, tapi gue tau inilah pengorbanan. Ketika pacar atau orang yang spesial bagi kita sedang fokus dengan sesuatu, kita harus rela mengorbankan kebersamaan demi untuk kegiatan dia, keren gak?.

----------***-----------

Karena udah jarang bahkan gak smsan sama Dini, gue kembali sibuk dengan kehidupan gue yang dulu, yaitu tidur dan bermimpi. Waktu itu Oga dan Uda belum jadi teman gue. Saat itu, gue masih sekamar dengan Mat Noh, Bayu dan Singkong. Mereka adalah anak kelas 1 Tsanawiyah, pengen curhat sama mereka, tapi gak mungkin, karena ingusnya saja masih meleler sampai ke mulut. Selain itu, mereka juga gak ada dewasanya sama sekali. Bayu ditaksir sama cewek seangakatannya, tapi dia gak mau, alasannya karena dia belum sunat, tepok jidat. Nah kalau Mat Noh beda lagi, gak banyak cewek yang kenal apalagi naksir sama dia, tapi cowok asrama banyak, sampe-sampe Mat Noh sering dipeluk sama anak asrama lain kalau udah waktunya tidur malam. Sementara singkong, kerjaannya cuman makan dan tidur, hibernasi seperti beruang kutub, sampe sering gak jama’ah di masjid. Tapi mereka adalah partner gue di kamar, melihat mereka bergurau dan bermain membuat gue sejenak melupakan Dini. Kita kadang sering lupa, bahwa kebahagiaan gak harus didapatkan dari orang yang jauh, karena di dekat kita sudah banyak kebahagiaan, seperti kawan sekamar gue, Bayu, Mat Noh, dan Singkong.

 ----------------***-----------

Setelah menunggu sekian lama, akhirnya Dini sms gue. Dan seperti biasa, dia lagi capek dengan belajar yang terlalu serius, akhirnya dia perlu tertawa, tertawa bareng gue, walau tertawa lewat HP.

“Bang”, sms Dini.

“Iya,, udah lama ni gak sms?”, bales gue.

“Iya ni bang, lagi fokus belajar, tapi gak kuat juga kalau belajar terus”, jawab Dini.

“Oh,,,gimana kabar Shinichi?”, ledek gue.

“Kabar baik bang”, jawab Dini.

“Jadi sekarang lagi apa?”,

“Lagi baring jak bang. Bang, Dini tu gak hanya ngefans sama Shinichi”

“Trus sama siapa lagi?, sama Genta Kojima ya?, ledek gue.

 “Ih abang ni, Dini serius. Ada bang anak sekolahan kita, senyumnya tu manis banget”

Gue mulai putus asa lagi, cinta Dini udah mulai masuk ke dunia nyata. Gue mikir, siapa lagi ni yang disukai Dini. gue sampai mikir, mungkin Fiz adalah orang yang disukai Dini. karena gue tau Fiz juga hobi sama Conan, mungkin karena kesamaan hobi itulah mereka jadi saling menyukai. Gue mikir lagi kalau Fiz juga orangnya pintar dan keren, mungkin dia udah layak menjadi Shinichinya Dini di dunia nyata.

“Siapa Din?” tanya gue penasaran.

“Ada deh bang, Dini malu bilangnya”, balas Dini.

Akhirnya sms gue dan Dini berakhir dengan menyisakan tanda tanya besar, siapa yang disukai oleh Dini?. dia hanya ngasi satu clue, yaitu “senyumnya manis”. Gue sempat ngaca juga sambil senyum dan langsung muntah di depan kaca, karena memang senyum gue kecut kayak jamu temulawak.

-----------***----------

Gue seolah menjadi Shinichi, memecahkan kasus siapa “senyum yang paling manis” di sekolah. Mulai dari kepala sekolah, penjaga kantin, penjaga koperasi, kawan sekelas Dini, kawan tidak sekelas Dini, sampe gue nemuin satu orang yang senyumnya manis, yaitu Eki. Eki seangakatan dan sekelas dengan gue, dia atlet volly terkenal di sekolah. Eki emang keren kalau main volly, tapi kalau belajar dia sering tidur sambil ngiler. Eky menjadi primadona di sekolah, siapa yang gak kenal dengan dia?, bahkan bola Volly juga kenal sama dia. Gue curiga kalau Dini juga tersihir oleh ketampanan dan kelihaian Eki dalam bermain Volly.
Akhirnya, selain Fiz, Eki juga udah gue list dalam daftar “senyum manis” yang mungkin disukai sama Dini. pencarian gue belum selesai, gue harus nemuin minimal tiga orang yang senyumnya manis. Pas gue balik ke kamar, gue liat Mat Noh dan Bayu sedang main kelereng di kamar, anjrittt.....Gue langsung razia kelereng mereka dan gue usir mereka dari kamar. Pas mereka kabur sambil ketawa, gue liat ketawa Mat Noh manis apalagi senyumnya, pantas anak cowok banyak yang naksir. Akhirnya list gue udah tiga, Fiz, Eki, dan Mat Noh. Setelah dapat, gue langsung lapor ke Dini bahwa misteri hampir terpecahkan.

“Din, abang tau siapa yang senyumnya manis dan yang Dini suka?”, sms awal gue.

“Siapa bang?”, bales Dini. Tumben dia langsung balas, mungkin karena dia juga udah nunggu pemecahan kasus yang dikasi ke gue.

“Fiz”, jawab gue singkat.

“Hahahahah....”,

“Kok ketawa?”

“Gak bang, salah”.

“Oh abang tau, pasti Eki”

“Ih....gak bang, terlalu manis itu senyumnya”

Syukur bukan Fiz dan Eki, gue lega. Kalau sempat Fiz atau Eki, gue bakal nyerah duluan dan janji gak bakal sms Dini lagi. Oh ya gue lupa sama Mat Noh.

“Mat Noh”,

“Siapa tu?”

Oh ya, ternyata Mat Noh gak terkenal di asrama cewek, Mat Noh hanya terkenal di asrama cowok. Akhirnya gue lega. Tapi gue masih penasaran, siapa yang senyumnya manis. Akhirnya gue nyerah dengan misteri yang Dini buat.

“Siapa Din, yang senyumnya manis dan Dini suka itu?. Abang udah nyerah”.

“Rahasia bang, abang gak boleh tau”.

“Perasaan jangan dipendam Din, ntar bau kayak kentut”, ledek gue.

“Biarin”.

“Ntar keburu diambil orang baru nyesel”, pancing gue.

“Gitu kah bang?”, dini mulai kepancing.

“Iya lah, gak takut senyum manisnya malah dimiliki oleh orang lain?”, gue nakutin Dini.

“Tapi Dini malu bang bilangnya”.

“Oke kasi clue nama aja Din”

“***a* *a***” balas Dini. Untung dia gak ngirim sandi Morse.

“Aduh cluenya terlalu sikit Din, Dini kan tau otak abang agak kurang cerdas”.

“Pokoknya segitu aja”.

---------------***--------------

Akhirnya gue harus mecahin misteri lagi. Karena gue gak mampu mecahin misterinya, gue minta bantu Bayu, Mat Noh, dan Singkong.

“Yu, kau tau gak ini nama siapa?”, sambil nyodorin kertas yang berisi tulisan ***a* *a***.

“Ini bukan nama Bang, ini bintang dan tulisan “a””, jawab Bayu polos.

Gue agak kesal, ternyata otak gue sama Bayu 11 12.

“Mat Noh, nama siapa ini?”, nyodorin kertas ke Mat Noh.

“Gak tau bang”, geurutu Mat Noh sambil garuk selangkangan.

“Singkong tau gak ni nama siapa?”, nyodorin kertas ke Singkong.

Gue lupa ternyata singkong masih tidur dan gak bakal bisa dibangunin kecuali pas waktu jam makan nanti. Akhirnya gue nyerah lagi dan lapor ke Dini.

“Din, abang nyerah deh”, sms gue duluan

“Ya udah”, bales Dini singkat

“Siapa sih Din?”, gue penasaran

“Dini gak mau bilang bang”

“Aduh jangan buat abang penasaran, ntar abang jadi hantu gentayangan”

“Bagus bang, supaya ada horor di pesantren ini”, ketus Dini.

“Yah Dini malah gitu, siapa sih Din?”, tanya gue lagi.

“Masa abang gak tau?”, tanya Dini balik.

“Kalau abang tau pasti udah abang bunuh tu orang Din, hehehe”

“Serius bang mau dibunuh?, jangan bang, Dini sayang sama dia”.

“Okelah gak bakal dibunuh, tapi siapa ni?”

“*hmad *azid”, jawab Dini.

Gue perlu 10 menit buat mikir ini nama siapa. Pas gue liat langit-langit kamar yang penuh laba-laba, akhirnya gue belum tau juga. Tapi pas liat nama belakangnya udah gak asing lagi. Pas gue kasih huruf A di awal dan Y di urutan ke 6 gue tau kalau clue nama itu nama gue.

“Serius Din, itu orangnya?” tanya gue.

“Serius bang”.

“Ahmad yazid”

“Hehehe”, Dini hanya balas ketawa.

Gue sempat gak percaya dan nampar pipi gue pake tangan. Ternyata sakit juga. Gue emang gak nembak Dini, dan Dini gak nembak gue, dia hanya bilang kalau dia suka liat senyum gue yang kecut ini. Tapi bagi kami, ini tanda kalau kami sama-sama suka dan tanda kalau kita udah jadian.

Namun udah gue bilang sejak awal kalau timing jadian kita sangat tidak tepat. Karena gue jadian sama Dini saat Dini udah mendekati Ujian Nasional dan dia mesti belajar lebih giat lagi. Walau udah jadian, kita gak pernah smsan, gue pun jarang liat Dini di sekolah, karena mungkin dia sibuk belajar di kelas atau pulang ke asrama kalau jam istirahat.

-----------------***-----------------

Setelah Ujian Nasional selesai, gue baru smsan sama Dini, dan dia agak nyesal dengan performanya waktu ujian. Dini merasa saat Ujian Nasional dia gak ngelakuin yang  terbaik dan banyak yang keliru. Gue sempat khawatir juga, kalau prestasinya nurun karena gue.

-------***--------

Akhirnya sampai juga masa perpisahan. Dini sempat sms gue dan minta foto gue untuk kenang-kenangan, dia juga sempat nanya foto Eki, kamprett......

Gue kepingin Dini lanjut Aliyah di sekolah ini lagi, biar tetap bisa lanjutin hubungan. Tapi saat itu Dini gak jawab, karena dia belom tau, atau memang gak mau kasi tau. Waktu itu dia gak bisa mendapatkan nilai tertinggi Ujian Nasional tingkat kota dan akhirnya tidak dapat hadiah Umroh. Gue sempat nyesal, seandainya Dini gak dekat dengan gue, mungkin dia bisa lebih fokus belajar dan gak bakal mikir-mikir yang lain.

Gue sedih, Dini gak lanjut Aliyah di sekolah yang sama lagi dengan gue. Dini memilih untuk sekolah di tempat yang lumayan jauh dari gue. Gue gak tau alasannya apa, tapi gue  malas juga mau nanya karena masalah yang begituan adalah masalah pribadi dia dan keluarganya. Jauh dengan Dini buat hubungan kita berubah jadi LDRan. Walau dulu di pesantren, gue juga hanya ngobrol dengan Dini lewat sms, tapi gue masih bisa liat Dini kalau di sekolah. Sekarang kita hanya bisa Smsan gak pernah ketemu lagi. Karena LDR inilah akhirnya hubungan kita putus di tengah jalan. Sejak saat itu gue jarang berkomunikasi dengan Dini.

---------------***--------------

Dan akhirnya gue sekarang udah kuliah dan Dini juga kuliah. Gue sempat berharap dia kuliah di kota yang sama dengan gue, biar gue bisa memperbaikin hubungan yang dulu. Dini gak milih di kota yang sama, dia milih nyebrang pulau dan kuliah di Jawa. Dini pernah bilang kalau gue orang pertama yang jadian sama dia, dia juga bilang kalau hanya gue mantannya, dan gobloknya gue mau aja percaya, hahaha. Sejak saat itulah gue berharap banyak sama Dini. Tapi akhir-akhir ini harapan gue hancur, karena ketika gue stalking medsos Dini, dia udah punya gebetan baru dan terlihat mesra sekali. Dulu gue sering stalking twitter dan instagramnya. Tapi, sejak saat dia udah punya gebetan baru itulah, Twitter dan Instagramnya gak bisa diliat lagi karena mungkin dia tau kalau gue sering nguntit.

Sebelumnya gue sering buat puisi untuk mengenangnya. Tapi semenjak itulah gue udah malas lagi buat puisi. Sekarang mungkin Dini udah dewasa, gue rasa Dini gak bakal lagi umbar-umbar Conan ke cowoknya yang sekarang, gak bakal lagi buat misteri dan kasus untuk dipecahkan, gak bakal sms dengan tema kartun Upin & Ipin dan gak bakal menghubungin gue yang pastinya.

Gue belajar banyak dari Dini, bahwa manusia sepintar apapun dia, tetap ada cinta di dalam hatinya. Gue juga mencoba menjadi rajin belajar, sebagaimana Dini nyuruh gue untuk rajin belajar kalau mau pintar. Dini adalah motivasi terbesar gue untuk terus lebih baik lagi, walau Dini sekarang udah ada yang punya. Gue belajar dari Dini untuk menjadi orang yang serius, karena dia sering nasehatin tingkah gue yang sering becanda sama dia. Dan bahkan gue jadi banyak baca buku karena sebagai pengalihan dari rasa sakit gue melihat dia yang sekarang. Dan yang terakhir, gue jadi lebih punya cita-cita karena gue merasa ditantang oleh Dini untuk jadi lebih baik.

Akhirnya....cerita mantan gue selalu berakhir dengan happy ending, tapi happy buat mereka bukan buat gue. Hahahha.............

Sekian......

Share:

2 komentar: