Minggu, 01 Juni 2014

TAUBAT



Setiap manusia pasti pernah berbuat dosa. dari mulai yang muda sampai yang tua. Dari mulai dosa yang kecil sampai dosa yang besar. Dari mulai yang ia tidak ketahui bahwa itu dosa, sampai yang ia tahu bahwa dia telah melakukan dosa. Setiap hari bahkan. Dan itulah manusia. Selalu berbuat dosa.
Dalam hadis muslim no 2749
Demi zat yang jiwaku ditangannya, sekiranya kalian tidak berbuat dosa, niscaya Allah swt yang membinasakan kalian, lalu mendatangkan umat lain yang akan berbuat dosa, kemudian mereka meminta ampun, sehingga Allah mengampuni mereka.
Dalam hadis tadi menjelaskan bahwasannya Allah swt ciptakan manusia yang akan berbuat dosa, sehingga mereka sadar dengan dosa yang selalu mereka perbuat untuk mau kembali kepada Allah swt. untuk mau mendekat kepada Allah swt.
Kadang kita takut bertaubat, takut sekali, kerena kita merasa besok kita akan mengulangi kesalahan itu lagi, kita tidak mau kembali kepada Allah swt, karena kita khawatir besok kita mengecewakan Allah swt dengan melakukan kesalahan yang sama, sehingga kita tidak berani untuk mengadukan berbagai dosa yang telah kita perbuat. Sesungguhnya janganlah seperti itu.
Dalam hadis qudsi dalam hadis riwayat muslim no 2758
“Hamba-Ku telah melakukan dosa, kemudian ia berkata Ya Allah, ampunilah dosaku. Allah tabaraka wataala berkata: “hamba-Ku telah melakukan dosa dan ia mengetahui bahwa ia memiliki Rabb Yang Maha Mengampuni dosa dan membalas dosa. Selanjutnya, ia mengulangi dosa itu lalu berkata: Ya Allah, ampunilah dosaku. Allah tabarak wataala berkata: Hambaku telah melakukan dosa dan ia mengetahui bahwa ia memiliki Rabb Yang Maha Mengampuni dosa dan membalas dosa. Setelah itu, ia mengulangi dosa itu sekali lagi dan berkata: Ya Allah, ampunlah dosaku. Allah tabara wa ta’ala berkata: hambaku telah melakukan dosa dan ia mengetahui bahwa ia memiliki Rabb Yang Maha Mengampuni dosa dan membalas dosa. Berbuatlah sesuka hatimu, sesungguhnya Aku telah mengampunimu.
Imam nawawi menjelaskan maksud dari Berbuatlah sesuka hatimu, sesungguhnya Aku telah mengampunimu ialah selama kamu berbuat dosa kemudian bertaubat, maka Allah swt pasti akan mengampunimu.
Kita kadang merasa besar dosa kita ini, menyekutukan Allah swt mungkin, mencuri, minuman keras, zina dsb. besar dosa kita.
Tapi ada lagi yang lebih besar dari kita dosanya, orang yang membunuh wali Allah swt dalam kisah ashaabul ukhdud yaitu mereka yang membuat parit, mereka kobarkan api dalam parit itu untuk membunuh kaum muslimin, orang yang mengatakan Allah swt salah satu dari tiga, orang-orang munafik, pembunuh yang sudah membunuh 100 orang yang kisah-kisah mereka, dosa mereka ini diabadikan dalam Al-qur’an dan hadis, besar dosa mereka, tetapi Allah swt selalu selipkan harapan mereka untuk bertaubat, Allah selalu beri mereka kesempatan untuk bertaubat.
 
Artinya : Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS.Az-Zumar: 53)
Begitu sabarnya Allah swt menunggu hambanya yang lemah, penuh dengan dosa untuk bertaubat kepada Allah swt.
“sesungguhnya Allah swt membentangkan tanganNya pada malam hari untuk menerima taubat pelaku kejahatan pada siang hari. Diapun membentangkan tangan Nya pada siang hari untuk menerima taubat pelaku kejahatan pada malam hari “(HR Muslim no 2759)
Allah swt dekat dengan kita, Allah swt kabulkan do’a hambaNya karena begitu dekatnya Allah swt dengan kita.
Š
Artinya : dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, ..........(QS. Al-Baqarah: 186)
Manusia tidak punya hak untuk menghardik orang yang salah. Karena dia bukan Tuhan, tapi Allah swt lah tempat kita kembali dengan segala kesalahan dosa yang telah kita perbuat. Bertaubatlah maka Allah swt akan mengampuni kita. Bertaubatlah sebelum terlambat, karena kesempatan taubat ini ada batasnya.
 
Artinya : Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) ia mengatakan : "Sesungguhnya saya bertaubat sekarang". dan tidak (pula diterima taubat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih. (QS. An-Nisa: 18)
Ali, Ibnu Umar, dan hasan berkata bahwa taubat akan terus berlaku sebelum malaikat maut datang menjemput. Jangan sia-siakan kesempatan emas ini jangan sia-siakan sisa hidup kita ini dengan tidak kembali kepada Nya karena Allah swt maha pengampun atas segala dosa-dosa kita.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar