Jumat, 28 Juni 2013

persiapan masuk kuliah sejak dini



Persiapan Masuk Kuliah Sejak Dini.
Setelah melaksanakan pendidikan wajib selama 9 tahun, kemudian ditambah lagi dengan melanjutkan sekolah menegha keatas, maka tahap pendidikan selanjutnya yang akan ditempuh adalah kuliah. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan pada saat masa SMA ini sebelum menginjak dunia perkuliahan, yaitu:
1.    Siapkan rencana kuliah sejauh mungkin.
Hal ini cukup penting sebelum memasuki dunia perkuliahan. Sebagai siswa SMA dan yang sederajat, yang mungkin sudah dewasa pemikirannya, maka pikiran yang bersifat kedepan perlu dibiasakan, terutama dalam menyiapkan rencana perkuliahan bagi yang ingin kuliah tentunya, lain hal bagi yang ingin bekerja atau menikah. Walaupun nantinya ada yang ingin bekerja, tak ada salahnya juga merencanakan hal ini, dan juga bagi yang merasa tidak mampu dalam hal biaya atau lain sebagainya juga sangat tidak salah untuk merencanakan perkuliahan karena biasanya selalu saja ada jalan untuk siswa-siswa yang tidak mampu tapi niatnya sangat kuat untuk kuliah. Rencana ini bisa kita terapkan paling tidak setelah pemilihan jurusan atau mungkin sebelum pemilihan jurusan yaitu pada awal-awal masuk SMA. Hal yang saya disebut diatas sudah rencana dalam waktu yang cukup minimal, karena ada yang merencanakan kuliahnya sejak SMP atau mungkin sejak kecil.
2.    Sesuaikan perencanaan kuliah sesuai dengan kemampuan.
Setelah rencana ditanamkan, maka hal selanjutnya adalah apa yang kita rencanakan harus sesuai dengan kemampuan. Karena menurut saya pada dasarnya manusia diciptakan tuhan dengan bakat yang berbeda. Ada yang ahli hitung-hitungan, ada yang ahli teori-teori, ada yang ahli seputar hal-hal fisik seperti olahraga dan banyak lainnya. Jadi tidaklah semua orang punya kelebihan yang ia miliki semuanya. Kalaupun ada orang yang demikian, tidak mungkin juga ia akan mengambil semua jurusan dalam perkuliahan, pastinya ada satu yang benar-benar ia kuasai. So...carilah kuliah yang sesuai dengan kemampuanmu.
3.    Dalami kemampuanmu yang sesuai dengan perncanaan kuliahmu di sekolah.
Pastinya di sekolahmu menyediakan pembelajaran atau mungkin pelatihan yang berkaitan dengan pendidikan, dan pendidikanpun akan berlanjut ke bidang di perkuliahan. Jadi kamu punya kesempatan untuk menggali sedalam-dalam mungkin kemampuanmu, agar rencana kuliahmu nantinya tidak hancur sia-sia karena tidak ada kegiatan pendalaman dalam kemampuan yang kamu tetapkan sebagai amunisi dalam masuk ke dunia perkuliahan.
4.    Siapkan rencana cadangan.
Maksud dari rencana cadangan adalah menyiapkan rencana perkuliahan yang lain selain dari yang kamu inginkan atau rencanakan jauh sebelumnya. Rencana cadangan sebenarnya tidak terjadi jika anda memang betul-betuk menyiapkan dengan sungguh-sungguh apa yang ingin anda cita-citakan. Tapi tidak juga bisa dipungkiri bahwa  rencana utama bisa gagal. Kalau ibarat kata pepatah bilang manusia berncana tuhan berkehandak, jadi haruslah kita sedia payung sebelum hujan. Namun rencana cadangan juga tidak jauh melenceng dari rencana awal yang sesuai dengan kemampuan anda misalnya dari yang sudah menyiapkan rencana mengambil jurusan matematika maka lari ke jursan fisika, yang mengambil jurusan dokter bisa beralih ke perawat. Jangan seperti ini, dari jurusan penjaskes mau lari ke jurusan dokter atau tekhnik.
Hal diatas tentunya persiapan supaya kita tidak kelabakan dalam melaksankan kegiatan perkuliahan. Mengapa ini saya sampaikan?, karena banyak kita lihat siswa-siswa sekarang, mereka menentukan kuliahnya baru sehabis pengumuman kelulusan. Alsannya apa?, supaya sesuai antara nilai dengan jurusan kuliah yang akan saya ambil nantinya. Teori ini sangat salah bagi saya, karena tes untuk masuk kuliah sekarang tidak sepenuhnya bergantung kepada nilai SMA anda, tetapi akan ditunjang dengan tes-tes pada saat masuk ke perkuliahan tersebut. dan kalaupun bergantung pada nilai dalam mata pelajaran yang disyaratkan dalam perkuliahan, maka bagi anda yang sudah menerapkan beberapa trik diatas tentunya punya aspek-aspek persyaratan yang sudah mencukupi, karena anda sudah menyiapaknnya jauh hari dan pastinya nilai yang anda dapatkan pada kemampuan yang anda dalami untuk pemilihan perkuliahan ini pasti tidak rendah seperti jika anda tidak menyiapaknnya. So...persiapan kuliah sangatlah penting.
Mungkin ada yang bertanya, mengapa penting?, karena saya sebagai anak kuliah merasakan dan menyaksikan mereka-mereka yang perencanaan kuliahnya tidak direncanakan sebaik mungkin dan ada juga yang asal-asalan memilih kuliah tanpa melihat kemampuan yang mereka miliki untuk menjalani perkuliahan tersebut, mereka sangat terlihat kesusahan dalam menjalani kuliah mereka. kesusahan yang mereka rasakan terlihat pada sikap mereka yang sering mencontek pada saat ujian, tidak punya bekal ketika dihadapkan pada praktek lapangan, kuliah jadi ogah-ogahan, sering bermasalah dengan dosen, akademik dan sebagainya. Walaupun kita nantinya bisa melihat mereka bisa menyelesaikan kuliahnya, tapi setelahnya mereka tidak mendapatkan hasil dari kuliah mereka, seperti pengangguran, tidak dapat pekerjaan yang sesuai dengan yang yang dicita-citakannya dalam pemilihan perkuliahan.
Mungkin beberapa hal diatas dapat memberikan beberapa gambaran bagi siswa-siswa yang ingin melanjutkan untuk kuliah nantinya. Agar tidak asal kuliah, tapi kuliah asalnya dan dapat terwujud tujuan ia kuliah nantinya.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar